davotmarbun
ENTER
Hai Mi-List...! U R Detected By M radio 102,7 Fm Samarinda "Happy Listening"

Musik di Era Digital


Tujuannya adalah untuk berbagi gambaran tentang era digital yang sedang terjadi saat ini, apa hubungan dan pengaruhnya terhadap industri musik, terutama industri rekaman, dan alternatif apa yang bisa dilakukan.


Agar relevan, seharusnya saya memberikan kasus sukses di Indonesia. Sayangnya, saya kesulitan. Mengapa? Saya tidak bisa berpura-pura bilang bahwa di Indonesia musik di era digital sudah sukses dan berjalan dengan baik. Sebaliknya, menurut saya kita belum melakukan apa-apa. Mudah-mudahan saya salah.

Dua Fakta
Saya ingin mulai dengan berbagi dua fakta. Fakta pertama adalah sekarang kita sedang berada di sebuah era yang bernama era digital. Tak ada tempat untuk bersembunyi. Meskipun Anda mencoba bersembunyi di hutan yang terpencil, tak ada sinyal ponsel, tak ada listrik, untuk bermain gitar senar nylon, anda tetap sedang bermain musik… di era digital.

Fakta kedua adalah musik = komersial. Musik dan komersial bisa berada dalam satu kata, dalam hampir semua konteks. Tanpa sisi komersial, musik tidak akan bertahan, bahkan mungkin tidak ada. Pertanyaannya adalah jika musik dan sisi komersial saling bergantung dan mengisi, lalu mengapa sering ada konflik antara musik sebagai seni dan sisi komersialnya? Jawabannya adalah musik tidak pernah konflik dengan sisi komersial. Justru saling membantu. Yang konflik itu orang-orangnya, pelakunya, stakeholder-nya.
Sekarang yang sedang kita hadapi adalah musik komersial di era digital. Seperti musisi tidak usah takut akan ‘bisnis’ atau ‘komersial’, musisi juga jangan takut akan ‘era digital’. Justru ini adalah era yang paling menyenangkan untuk musik komersial. Mengapa? 


Lima Era Media
Sedikit mundur ke belakang untuk menyamakan persepsi, sebenarnya kita sudah meng-alami beberapa kali perubahan era media. Menurut teori, kita sedang berada di era kelima. Sebagai manusia, kita pun berubah karena perubahan media. Media adalah ciptaan kita sendiri, seperti kutipan dari Marshall McLuhan: “We shape our tools and thereafter our tools shape us”.

Berikut sekilas era-era tersebut:
1. Era Lisan
Di era ini, seluruh bentuk komunikasi dilakukan secara lisan.
2. Era tulisan.
Di sini orang sudah mengerti dokumentasi dalam bentuk tulisan. Untuk memperbanyak buku, orang menyadur buku menggunakan tulisan tangan. Di era ini pula Perpustakaan Alexandria dibakar, dan manusia kehilangan sebagian besar sejarah kuno.
3. Era Cetak.
Di era ini, musik pertama kalinya menjadi industri, yaitu industri sheet music. Orang bisa beli buku berisi not balok agar mereka bisa memainkan musik (cover song) di rumah.
4. Era Elektronik.
Di era ini, industri musik berubah total. Industri rekaman dan broadcasting menggantikan industri sheet music untuk menjadi primadona di industri musik.
5. Era Digital.
Zaman sekarang. Orang bisa mendengar dan berbagi musik tanpa terbatas oleh media dan wilayah. Exciting time.
(sumber : rollingstone.co.id )

1 comment:

  1. membaca sisi baik dari era digital sebagai zaman untuk bermusik dengan lebih dikenal saya rasa itu sah-sah saja. Tetapi menurut saya, musik bisa dipisahkan dari sisi komersil, musik bisa dipisahkan dari sisi bisnis, dan musik bisa dipisahkan dari sisi industri bahkan. Karena musik untuk dimainkan dan dinikmati. Zaman boleh berubah tetapi musik tetap memiliki kekuatan eksistensi yang bisa dimiliki oleh setiap orang. Jangan menganggap orang yang tidak ingin mengkomersilkan musiknya sebagai orang yang takut dengan perkembangan zaman, tapi sesungguhnya orang tersebut telah memaknai musik sebagai bagian dari hidupnya...

    ReplyDelete