davotmarbun
ENTER
Hai Mi-List...! U R Detected By M radio 102,7 Fm Samarinda "Happy Listening"

Bangkutaman Rilis Video Musik untuk Lagu 'Langkah Baru'


http://images.detik.com/content/2013/05/21/1093/bangkutamanweb.JPG

Awal 2013 lalu, Bangkutaman melepas single anyar berjudul “Langkah Baru” yang merupakan materi pertama mereka sejak album Ode Buat Kota tiga tahun sebelumnya. Kini grup musik folk rock tersebut telah meluncurkan video musik single tersebut yang dapat disaksikan di sini.


“Langkah Baru”, yang liriknya ditulis oleh vokalis sekaligus bassist Wahyu “Acum” Nugroho, bercerita tentang aktivitas keseharian seseorang di tahun yang baru, terutama aktivitas berangkat ke pusat kota untuk bekerja mencari nafkah. Lagu ini sarat nuansa positif, mengajak orang untuk berubah menjadi pribadi baru walau situasi kadang keras kepala tidak mau berubah.

Maka tak heran video musiknya pun mengambil tema perjalanan keseharian. Bangkutaman lewat sutradara Satria Ramadhan, yang juga merupakan manajer band tersebut, mencoba merekam keseharian warga kota di London, Inggris demi menyuguhkan suasana dan hiruk pikuk masyarakat di sana.

Mengambil Camden Town dan Lancaster Gate sebagai mayoritas lokasi pengambilan gambar, video musik “Langkah Baru” mengajak penontonnya untuk menyusuri stasiun bawah tanah, menumpangi kereta bawah tanah, menuju jalan kota yang berada di atas, melihat lalu lalang orang menuju tempat kerja dan juga anak kecil yang bersekolah, hingga menyimak piringan-piringan hitam yang didagangkan oleh penjualnya di pinggir jalan.

“Selain sebagai pendokumentasian perjalanan, video musik ini adalah obat dahaga kami sebagai musisi juga pekerja yang menghabiskan kesehariannya di perkotaan untuk tahu seperti apa kondisi dan situasi keseharian masyarakat di belahan bumi yg lain,” ujar pihak Bangkutaman melalui rilis pers. Mereka melanjutkan, “Ternyata lewat video musik ini, ada banyak persamaan bahwa hiruk pikuk perkotaan adalah sebagaimana lazim adanya: lalu lalang orang berangkat bekerja dan lain sebagainya.”

Proses rekaman lagu “Langkah Baru” sendiri memakan waktu tiga hari dengan metode live overdub di studio dalam toko musik Heyfolks! yang mereka anggap sebagai markas berkumpul. Ada suara wanita pada lagu ini yang disumbangkan oleh Stephanie Eka. Sebelumnya, ia telah lebih dulu mengisi vokal pada album mini penuai pujian milik penyanyi dan pencipta lagu Harlan yang bertajuk "Sakit Generik." (Reno Nismara)

No comments:

Post a Comment